Halaman

    Social Items

Miskonsepsi dalam Evolusi.

Banyak orang yang merendahkan teori evolusi sedangkan mereka belum paham benar apa dan bagaimana evolusi terjadi, untuk kali ini kita akan "meluruskan" salah paham tersebut.

Apa itu evolusi?
perubahan pada sifat sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi.


Bagaimana Evolusi Bekerja?
Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi ataupun transfer gen antar populasi dan antar spesies. Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika, yang dapat meningkatkan variasi antara organisme. Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.

Selanjutnya mari kita merangkum dan meluruskan salah paham dalam teori tersebut.
  1. Itu cuma teori
    Ini adalah alasan bagi banyak orang untuk tidak percaya evolusi, padahal mereka tidak tahu sama sekali pengertian dari "Teori", menurut kbbi 
    teori/te·o·ri/ /téori/ n 1 pendapat yg didasarkan pd penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi

    jadi bisa dipastikan kalau teori evolusi itu sendiri sudah ada penelitiannya.
  2. Mutasi Genetik melahiran keturunan yang cacat.
    Pendapat ini sudah pasti salah, karena mutasi genetik itu bisa ke arah positif atau negatif, disinilah Seleksi alam bekerja, Seleksi alam menghentikan mutasi genetik yang negatif karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan.
  3. Manusia dari kera.
    ini adalah kesalahan umum yang ada pada masyarakat, yang mengatakan kalau manusia tidak mungkin dari kera. Namun kenyataannya adalah kera dan manusia itu memiliki nenek moyang yang sama.
    kalau diibaratkan manusia dan kera itu sepupu-an, yang memiliki nenek yang sama, tidak mungkinkan kalau anda berasal dari sepupu anda?
Apabila ada pertanyaan dan kritik silahkan komen dibawah.

Salam damai~
Load Comments

Rocket

Rp250.000,-   Rocket SEKALI INSTALL DI BLOGSPOT RATUSAN PRODUK SIAP HASILKAN UANG Senjata Para Pebisnis Affiliate TAHUKAH ANDA BAHWA - Siapa...

Subscribe Our Newsletter